Minimalisir Pelecehan Seksual Anak, Kadin Sultra Dorong Peningkatan Peran Keluarga

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:39 WIB
Ilustrasi. Foto Internet
Ilustrasi. Foto Internet

 

VICTORYNEWS.ID, SULTRA - Maraknya kasus pelecehan seksual pada anak-anak beberapa pekan terakhir ini, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) gencar lakukan edukasi kepada masyarakat.

Wakil Ketua Umum (WKU) Pemberdayaan Perempuan Kadin Sultra Trinop mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan peran keluarga khusus orang tua. Untuk meminimalisir kejadian-kejadian serupa. Dengan memberikan pengetahuan mengenai batasan-batasan tubuh yang tidak boleh dipegan tanpa seizin anak, pengetahuan terkait norma, nilai dan budaya yang ada dimasyarakat.

"Jadi memang kita harus gencar untuk mengedukasi masyarakat. Bahwa menjaga keamanan diri khususnya remaja perempuan di dalam suatu keluarga itu menjadi hal yang penting," katanya. 

Ia juga menghimbau agar keluarga selalu berhati-hati dengan hal-hal yang sekiranya dapat memicu pelecehah seksual pada anak terjadi.

"Usahakan sebisa mungkin kita tidak memberikan ruang bebas kepada orang lain untuk mendekati anak-anak kita. Saya sendiri pernah ikut lakukan pendampingan ke masyarakat, kita memberikan edukasi kepada para orang tua untuk terus berhati-hati," ucapnya.

Menurutnya hal ini patut diperangi bersama. Untuk itu, pihaknya juga telah bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Sultra. Kedepan ia berharap dapat bersinergi dengan semua pihak untuk bersama-sama memerangi hal tersebut.

"Harapan saya sih para orang tua harus lebih bisa menjaga anak-anaknya. Dalam hal ini mewaspadi dan terus memberikan edukasi serta bimbingan agama kepada anak-anak kita," jelasnya.


Penulis : Erin

Halaman:

Editor: Harun Setyawan

Tags

Terkini

Ali Mazi Buka MTQ ke-XXIX Provinsi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:37 WIB

Pemprov Buru Pembangunan RS Jantung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 05:36 WIB

50 Calon Paskibraka Sultra Jalani Pemusatan Latihan

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:50 WIB
X