Punya Ciri Khas, Kawasan Wisata Mata Rombeo Jadi Wisata Minat Khusus

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:43 WIB
Kadis Pariwisata Sultra H Belli
Kadis Pariwisata Sultra H Belli

VICTORYNEWS.ID, SULTRA - Sebagai salah satu kawasan wisata yang diprioritaskan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra). Kawasan wisata Mata Rombeo kini kembali dicanangkan menjadi kawasan wisata minat khusus.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra, Belli Harli Tombili mengatakan, objek wisata yang berada di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tersebut nantinya akan difokuskan menjadi kawasan wisata minat khusus. Ciri khas kawasan yang dikelilingi batuan kars dan adanya lukisan purba, memang mempunyai keunikan tersediri, yang menjadi alasan kawasan tersebut dijadikan salah satu pusat penelitian yang menarik.

Baca Juga: Komitmen Tingkatkan Kualitas SLB, Asrun Lio Benahi Kelembagaan dan Kompetensi

"Sebagai tujuan destinasi wisata, Mata Rombeo ini kita ajukan untuk jadi wisata minat khusus. Seperti dijadikan tempat penelitian, dan juga untuk orang-orang yang suka atau gemar mengeksplore goa," kata Belli Selasa (9/8/2022).

Belli mengatakan, upaya yang terus dirintis ini juga memerlukan dukungan dan sinergitas dari seluruh stakeholder terkait. Memberdayakan masyarakat sekitar, adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan keberlangsungan kawasan Mata Rombeo.

"Pengembangan Mata Rombeo sebagai tujuan wisata itu sangat didukung oleh pemprov Sultra. Untuk menjaga lokasi tersebut agar tetap bersih dan lukisan Purba disana tetap terjaga, makanya kita arahkan kawasan itu jadi wisata minat khusus," timpalnya.

Baca Juga: Pemprov Klaim Jalan Muna-Butur Sudah Bisa Dilewati

Perkembangan kawasan wisata minat khusus ini, diharapkan dapat menjadi degradasi nilai-nilai sosial budaya, dan moral. Agar dapat meminimalisir pencemaran, kerusakan, dan ekosistem lingkungan.

Belli juga mengharapkan hadirnya penelitian-penelitian di lokasi tersebut, khusus pada lukisan purba. Pelan-pelan dapat memberikan referensi ataupun pengetahuan baru tentang asal asul masyatakat di Sultra.

Halaman:

Editor: Darmono Djunuhi

Terkini

Ali Mazi Buka MTQ ke-XXIX Provinsi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:37 WIB

Pemprov Buru Pembangunan RS Jantung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 05:36 WIB

50 Calon Paskibraka Sultra Jalani Pemusatan Latihan

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:50 WIB
X