Disperindag Dorong Ketersediaan Lapangan Kerja Lulusan SMK

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:22 WIB
Sekretaris Disperindag Sultra Sapoan
Sekretaris Disperindag Sultra Sapoan


VICTORYNEWS.ID, SULTRA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatanganan MoU dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), guna  memenuhi ketersedian lapangan kerja bagi siswa/siswi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Menurut, Sekretasi Disperindag Sultra Sapoan, sinergitas dengan para pelaku industri ini dilakukan agar terjadi link and match antara pendidikan dengan industri. Sehingga, bisa meningkatkan keterserapan para lulusan SMK di dunia kerja maupun industri.

Baca Juga: Dishub Sultra Tanggapi Penghentian Sementara Maskapai Lion Air Kendari-Wakatobi

"Jadi MoU kita dengan SMK itu yang pertama terkait informasi tentang industri yang bisa ditempati magang oleh siswa-siswi kita di SMK. Kemudian juga terkait dengan bagaimana kita memfasilitasi mereka dengan melakukan pelatihan-pelatihan di SMK atau biasa kita juga sering diundang untuk memberikan pelajaran yang selama ini sering kita kerjakan adalah perbaikan kurikulum di mana nantinya hal ini bisa membuat link and matchnya itu bagus," kata Sapoan saat dikonfirmasi victorynews.id Selasa (9/8/2022).

Lanjut Sapoan, masifnya hal-hal serupa juga secara tidak langsung akan meningkatkan mutu dan kualitas SDM dari lulusan-lulusan SMK yang kompeten. Sehingga, bisa menjadi infestasi baik di masa mendatang.

"Artinya apa yang diajarkan di SMK itu sesuai dengan apa yang dibutuhkan dengan dunia kerja. Karena, itu ada payung hukumnya juga mulai dari Peraturan Presidennya sampai dengan Peraturan Menteri juga sudah dimuat terkait hal itu," katanya.

Baca Juga: Pemprov Buru Pembangunan RS Jantung

Ia berharap pesatnya perkembangan zaman saat ini, tidak lantas membuat lulusan SMK menjadi beban pengangguran negara. Olehnya itu, instansinya juga terus berupaya untuk mendorong para pelaku industri agar bisa terlibat dalam pengembangan kompetensi di SMK.

"Kerjasama ini kami mulai di tahun ini. Jadi, nanti kita juga akan menyiapkan data-data termasuk menyiapkan komunikasi dengan para pelaku usaha. Untuk bisa menerima anak-anak kita nanti yang akan melakukan magang , tetapi kita harapkan tidak hanya sampai di magang kalau bisa mereka juga bisa diterima bekerja setelah mereka tamat nantinya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Darmono Djunuhi

Terkini

Ali Mazi Buka MTQ ke-XXIX Provinsi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:37 WIB

Pemprov Buru Pembangunan RS Jantung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 05:36 WIB

50 Calon Paskibraka Sultra Jalani Pemusatan Latihan

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:50 WIB
X