Baru 280 Ormas di Sultra Terverifikasi

- Senin, 25 Juli 2022 | 11:38 WIB
Hamdani Paibang
Hamdani Paibang

VICTORYNEWS, SULTRA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat jumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) hingga 2022 sebanyak 570 ormas, 280 diantaranya telah terverifikasi di Kesbangpol.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Ormas, Seni Budaya, Agama dan ekonomi Kesbangpol Sultra, Hamdani Piabang mengatakan Ormas yang belum terverifikasi kebanyakan terkendala pada SKT yang sudah mati dan belum melakukan perpanjangan.

" Kebanyakan di situ, karena batas waktunya kan cuma 5 tahun," ucapnya di Kendari pada Senin (25/7/2022).

Untuk itu, Hamdani mengimbau kepada organisasi yang telah mati SKT-nya agar mendaftarkan kembali organisasinya di Kesbangpol. Ia berharap, menghadapi Pilkada 2024, Ormas dapat ikut berpartisipasi memberikan kontribusi untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Buka UMKM Sultra Expo 2022

Sementara itu, ia juga menyebut bahwa Ormas yang telah terverifikasi diantaranya organisasi kepemudaan, organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta organisasi profesi.

Menurutnya, organisasi yang telah tercatat oleh pemerintah merupakan organisasi yang memiliki kesadaran dan mau bermitra dengan pemerintah.

Secara umum, lembaga yang telah terverifikasi dapat mengajukan program yang bermitra dengan pemerintah dalam hal partisipasi anggaran untuk kegiatannya. Sesuai UU, organisasi yang difasilitasi oleh negara adalah organisasi yang telah terdaftar secara resmi.

Namun, kata Hamdani secara keberadaan tidak ada larangan bagi organisasi yang belum terdaftar untuk berkumpul karena kebebasan untuk berkumpul telah diatur dalam UU.

Halaman:

Editor: Darmono Djunuhi

Terkini

Ali Mazi Buka MTQ ke-XXIX Provinsi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:37 WIB

Pemprov Buru Pembangunan RS Jantung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 05:36 WIB

50 Calon Paskibraka Sultra Jalani Pemusatan Latihan

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:50 WIB
X