Masa Jabatan Tiga Bupati ini Berakhir Agustus 2022

- Senin, 25 Juli 2022 | 11:32 WIB
Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas
Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas

 

VICTORYNEWS, SULTRA - Masa jabatan tiga kepala daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan berakhir pada Agustus 2022 mendatang. Masing-masing Bupati Bombana dan Bupati Kolaka Utara (Kolut) berakhir pada 22 Agustus 2022, sedangkan Bupati Buton berakhir pada 24 Agustus 2022.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas mengatakan dalam waktu dekat, Pemprov Sultra akan bersurat kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana, Buton dan Kolut terkait Akhir Masa Jabatan (AMJ) bupati tersebut.

" Berbekal pemberitahuan itu, DPRD tiga daerah tersebut akan menggelar rapat paripurna pemberhentian bupati dan wakil bupati," ucapnya di Kendari pada Senin (25/7/2022).

Hasil rapat paripurna itu akan menjadi dasar pengajuan atau pengusulan Pj bupati ke Kemendagri melalui Gubernur Sultra.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Buka UMKM Sultra Expo 2022

Lanjutnya, berdasarkan aturan, sebelum AMJ bupati, gubernur mempunyai kewenangan untuk mengusulkan Penjabat (Pj) sebagai langkah untuk mengisi kekosongan jabatan. Kata dia, siapapun yang di SK-kan menjadi hak Mendagri.

Berdasarkan aturan saat ini, penunjukan Pj itu dilakukan oleh tim khusus Tim Penilai Akhir (TPA) yang terdiri dari sekertaris negara, sekertaris kabinet, Menpan-RB, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Mendagri.

Sesuai aturan, Pj akan ditunjuk dari pejabat tinggi pratama eselon IIA yaitu Kadis, Badan, asisten atau staf ahli tingkat provinsi serta Sekertaris Daerah (Sekda) kabupaten bersangkutan.

Halaman:

Editor: Darmono Djunuhi

Terkini

Ali Mazi Buka MTQ ke-XXIX Provinsi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:37 WIB

Pemprov Buru Pembangunan RS Jantung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 05:36 WIB

50 Calon Paskibraka Sultra Jalani Pemusatan Latihan

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:50 WIB
X